Sabtu, 14 Januari 2012

HUBUNGAN SOSIAL


HUBUNGAN SOSIAL
Hubungan sosial adalah hubungan timbal balik antara individu yang satu dengan individu yang lain, saling mempengaruhi dan didasarkan pada kesadaran untuk saling menolong. Hubungan sosial disebut juga interaksi sosial..
HUBUNGAN SOSIAL
Perhatikan gambar disamping !
HUBUNGAN SOSIAL
·         Gillin mengartikan bahwa interaksi sosial sebagai hubungan-hubungan sosial dimana yang menyangkut hubungan antara individu , individu dan kelompok  atau antar kelompok.
·         Menurut Charles P. Leomis sebuah hubungan bisa disebut interaksi jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

o   jumlah pelakunya dua orang atau lebih

o   adanya komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbul atau lambang-lambang
o  
adanya suatu demensi waktu yang meliputi ,masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang .
o  
adanya tujuan yang hendak dicapai.



Syarat terjadinya interaksi adalah :
1. Adanya kontak sosial
    Kata kontak dalam bahasa inggrisnya “contact”, dari bahasa lain “con” atau “cum”
yang artinyabersama-sama  dan “tangere” yang artinya menyentuh . Jadi kontak berarti sama-sama menyentuh. Kontak sosial ini tidak selalu melalui interaksi atau hubungan fisik, karena orang dapat melakuan kontak sosial tidak dengan menyentuh, misalnya menggunakan HP, telepon dsb.
Kontak sosial memiliki sifat-sifat sebagai berikut :

ü  Kontak sosial bisa bersifat positif dan bisa negatif. Kalau kontak  sosial mengarah pada kerjasama berarti positif, kalau mengarah pada suatu pertentangan atau konflik berarti negatif.
ü  Kontak sosial dapat bersifat primer dan bersifat sekunder. Kontak sosial primer terjadi  apabila peserta interaksi  bertemu muka secara langsung. Misalnya kontak antara guru dengan murid dsb. Kalau kontak skunder terjadi apabila interaksi berlangsung melalui perantara. Missal percakapan melalui telepon, HP dsb.
2. Komunikasi
    Komunikasi adalah suatu proses  penyampaian  informasi  dari satu  pihak  kepihak yang lain dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Ada lima unsur  pokok dalam komunikasi  yaitu

§  komunikator  yaitu orang yang menyampaikan informasi atau pesan atau  perasaan atau pemikiran pada pihak lain.
§  Komunikan yaitu orang atau sekelompok orang yang dikirimi pesan, pikiran, informasi.
§  Pesan yaitu sesuatu yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.
§  Media yaitu alat untuk menyampaiakn pesan.
§  Efek/feed back  yaitu  tanggapan atau perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapat  pesan dari komunikator.





Ada tiga tahapan penting dalam komunikasi :

·         Encoding.
Pada tahap ini gagssaan atau program yang akan dikomunikasikan diwujudkan dalam kalimat atau gambar .Dalam tahap ini komunikator harus memilih kata atau istilah ,kalimat dan gambar yang mudah dipahami oleh komunikan. Komunikator harus menghindari penggunaan kode-kode yang membingungkan komunikasi.

·         Penyampaian.
Pada tahap ini istilah atau gagasan yang telah diwujudkan dalam bentuk kalimat dan gambar disampaikan . Penyampaian dapat berupa lisan dan dapat berupa tulisan atau gabungan dari duanya.

·         Decoding.
 Pada tahap ini dilakukan proses mencerna dan memahami kalimat serta gambar  yang diterima menurut  pengalaman yang dimiliki.
Faktor yang mendorong  terjadinya interaksi sosial ; (internal danEksternal)

a. Faktor dari luar

·         Imitasi yaitu tindakan meniru orang lain
Imitasi muncul karena adanya minat, perhatian atas sikap mengagumi terhadap orang lain yang dianggap cocok atau sesuai. Contohnya meniru mode rambut artis idolanya.
·        
Sugesti.
Sugesti ini berlangsung apabila seseorang memberikan pandangan atau sikap yang dianutnya, lalu diterima oleh orang lain. Biasanya sugesti muncul ketika sipenerima sedang dalam kondisi yang tidak netral sehingga tidak dapat berfikir rasional.
Biasanyasugestiberasaldariorang-orangsebagaiberikut:
orang yang berwibawa, karisma tikdak punya pengaruh terhadap yang disugesti, misalnyaorang tua ulama dsb.
Orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi daripada yang disugesti.
Kelompok mayoritas terhadap minoritas.
Reklame atau iklan media masa.

·         Identifikasi
yaitu merupakan kecenderungan atau keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain (meniru secara keseluruhan). Identifikasi melahirkan identitas.Contohnya, pakaian seragam yang harus dikenakan murid di suatu sekolah

·        
Simpati
Yaitu merupakan suatu proses dimana seorang merasa tertarik kepada pihak lain. Melalui proses simpati orang merasa dirinya seolah-olah dirinya berasa dalam keadaan orang lain.
Contohnya: ketika kita mengetahui teman kita bersedih maka kita ikut merasakan kesedihannya.
·        
Empati
Yaitu merupakan simpati yang mendalam yang dapat mempengaruhi kejiwaan dan fisik seseorang.
Contoh: ketika kita melihat anak kecil kehilangan orang tuanya karena bencana maka tidak terasa kita ikut menangis dan merasakan deritanya (simpati) sehingga kita ingin membantu meringankan penderitaannya (empati).

·         Motivasi
Motivasi adalah dorongan yang ada dalam diri seseorang yang mendasari orang melakukan perbuatan. Motivasi muncul biasanya karena rasionalitas, seperti motif ekonomis, motif  popularitas, atau politik. Motivasi juga dapat muncul dari pengaruh orang lain.
Contohnya:  dengan diberikan tugas dari guru maka murid akan termotivasi untuk selalu rajin belajar setiap hari.


Sumber yang mendasari interaksi :

Ø  Warna kulit               

Ø  Usia                          

Ø  Jenis kelamin

Ø  Penampilan fisik

Ø  Bentuk tubuh

Ø  Pakaian

Ø  Wacana

b. Faktor internal
    • Keinginan untuk meneruskan atau mengembangkan keturunan dengan melalui perkawinan antara dua orang yang berlainan jenis saling tertarik dan berinteraksi.
    • Keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup karena manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannnya.
    • Keinginan untuk mempertahankan hidup terutama menghadapi serangan dari apapun.
    • Keinginan untuk melakukan komunikasi dengan sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar